Betapa Berartinya Sebuah Maaf…


Ngomong-ngomong tentang arti sebuah maaf jadi teringat sebuah iklan rokok yang nulis kurang lebih begini: “Begitu mudahnya minta maaf, sehingga mudah juga berbuat salah”. Klo dipikir2 bener juga c, apa karena gampang minta maaf, orang jadi gampang bikin salah??? Atau karena orang gampang bikin salah jadi gampang juga minta maaf??? Agak bingung juga c jawaban yang bener yang mana!!! Kayaqnya 2-2nya jawabannya bener deh, hehehe…

Waktu SMA dulu, aq dan sahabatqu menamakan kata maaf sebagai ‘the magic word’. Kenapa? Karena maaf punya arti yang begitu besar. Karena maaf bisa mengubah hitam menjadi putih. Karena maaf bisa mengubah keadaan. Karena maaf bisa mengubah seseorang. Dan karena maaf bisa mengubah segalanya…

Kata seorang sahabatku… dalam sebuah buku ditulis bahwa meminta maaf yang benar harus meliputi 3 hal, yaitu:

  • Menyatakan kata maaf
  • Menyatakan dan memperlihatkan penyesalan
  • Melakukan suatu hal yang menunjukkan kesungguhan maafnya

Pada umumnya diantara kita mungkin meminta maaf cuma mengandungi 1 hal aja, yaitu menyatakan kata maaf. Makanya pada akhirnya orang gampang bikin salah, dan gampang juga bilang maaf. Kalo ada orang yang sungguh2 mau minta maaf, ya dia harus mengandung 3 unsur di atas tadi. Nah, kalo kyaq gitu kan, minta maaf jadi ga segampang itu kan??? Bukannya mempersulit seseorang untuk meminta maaf, tapi ,memang seharusnya seperti itu. Karena maaf ga cuma sekedar kata2, tetapi juga perbuatan. Klo ada seseorang yang berbuat salah ma kita, trus dy cuma bilang minta maaf, harus kita pikir2 lagi tuh buat memafkan, bukannya apa2, klo dengan semudah itu kita memaafkan karena sebuah kata maaf doang, bisa aja kan dy juga dengan mudahnya melakukan kesalahan yang sama (lagi???)

Kenapa harus ada poin ke2 dan ke3 untuk menunjukkan kesungguhan orang yang minta maaf???Jawabannya sangat simple… karena masalah ga bisa begitu aja selesai dengan hanya menyatakan kata MAAF!!! Kalau ada seseorang yang punya salah ma kita, trus dy cuma bilang minta maaf, yah ga bisa dunx masalahnya selesai begitu aja??? Ga dosa lho klo kita tidak memaafkan orang yang punya salah ma kita tapi dy cuma minta maaf tanpa Take action untuk menyelesaikan masalahnya (Hal ini udah ditanyain ko ke beberapa orang…!!!). Tetapi memang kita akan lebih mulia jika kita mau memaafkan orang2 yang telah menyakiti kita hanya karena mengharapkan ridho-Nya (ada ayatnya di Al-Quran)… Semoga kita termasuk di dalamnya….

So, Mumpung masih dalam suasana Idul Fitri…

Met Idul Fitri 1429 H

Mohon Maaf lahir batin ya, kawan2quw…

Kalo ada yang mau mengajukan ‘syarat’ kesungguhan maafku … silahkan saja… Aku orang yang cukup terbuka ko….

Dan akupun telah memaafkan kalian smua…

Smoga maafku itu bisa menghapus penyakit hati diantara kita… ^^

Dan smoga maafku bisa meringankan jalan hidup kita… ^^

Aminnnn..!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s