Asyiknya Bersepeda di UI


Hari itu, jumat 7 November 2008, aku dan sobatku, RM, berencana ‘nyobain’ sepeda-nya UI. Alhasil jam 09.30 aku nyamper ke kosan sobatku itu(padahal janjinya jam 9.00, hehehe…). Kita pun langsung menuju shelter rektorat untuk nyewa sepeda, skalian parker motor di sana.

Udah lama banget ga naek sepeda… Terakhir naek sepeda kayaqnya kelas 4 SD deh, hehehe… Makanya, waktu awal2 naek itu sepeda kagok banget gitu, tapi lama-kelamaan terbiasa juga c…

Perjalanan bersepeda di mulai dari rektorat ke arah perpus pusat à fasilkom, tapi balik lagi ke rektorat gara2 ga tau arah jalur sepeda buat ke UI wood, hehehehe… bodohnya!!! Tapi ga juga c, skalian juga nanya jam operasi sepedanya ampe jam berapa.

Ternyata temenku yg lain, RS, juga mau ikutan bersepeda, kita pun menjemputnya ke shelter FIB, dengan rute jalur sepeda: PAU à perpus pusat à Fasilkom à MUI à FH à Psiko à FIB. Dari shelter FIB kita bertiga mulai bersepeda kea rah UI wood, dengan rute: FIB à Psiko à Gerbatama

Wuih… asiiikkk bgt naek sepeda, apalagi pas mau kea rah UI wood-nya turunannnn!!! Dan kita sempet berfoto2-ria disana. Abiz itu menuju ke asrama UI, hix… capek… tanjakkan!!!

Nyampe asrama, RM ganti sepeda gara2 bannya kempes, sepedaquw jg dituker coz ga ada standarnya, hehehe… ga penting yak??? Sedangkan RS balik ke kampus naek bikun. Alhasil aq bersepeda ber2 lagi ma RM ke arah balik, niatnya mau ke kosan RM, makan siang, tapi pas nyampe FIB udah mule gerimis dan kebetulan ketemu mobil patrol yg notabene nyuruh kita balikin itu sepeda ke shelter MUI coz klo jumat jam operasinya mpe jam 11, baru ada lg jam 13.00. ywdh deh akhirnya kita balik menuju MUI, eh pas baru nyampe psiko ujan deres banget. So, kita neduh di halte psiko, hix… dan ujannya cukup lama.

Sekitar jam 11.30, ujannya baru reda, dan kita melanjutkan perjalanan lagi ke MUI, nyampe sana balikin sepedanya, untung mas-mas penjaganya masih ada, hehehe… Trus  abiz itu qta memutuskan makan siang di fasilkom, padahal tadinya rencana mw makan di pocin. Dan seperti biasanya, klo makan di fasilkom, pasti makannya gudeg, hehehe… anehnya walopun kita sama2 makan gudeg, tapi beda penjual, dan beda harga juga, padahal isinya kurang lebih sama. Si RM makan gudeg seharga 10 ribu, sedangkan aku hanya 6 ribu rupiah saja, hahaha… aneh kan???

Dan begitulah perjalanan bersepeda kali ini, cukup menyenangkan dan mengesankan, juga bikin ketagihan coz jalur sepeda di UI emang Pewe bgt coz masuk2 hutan gitu, adem karena masih banyak pohon2, pemanadangannya jg indah ko. Selain itu juga sehat untuk badan qta, halah… promosi bu…

Tapi sekedar info aja niy, cuma FE dan teknik lho yg ga ada shelter (halte sepeda)-nya, konon katanya (kata dosenku), itu sebagai bentuk ketidaksetujuan  alias ketidakmendukungan (apa c bahasanya ko aneh???hehehe) pihak fakultas (FE&FT) atas kebijakan rektorat baru ini untuk membuat jalur sepeda coz menurut mereka cost-nya lebih gede daripada benefitnya. Nyatanya emang dengan adanya jalur sepeda itu, ga banyak juga warga UI yang pake sepeda, dengan kata lain ga signifikan ngurangin jumlah warga UI yg pake mobil/motor, yang notabene juga ga akan signifikan ngurangin polusi padahal rumornya c jalur sepda ini sebagai upaya untuk mengurangi polusi di kampus. So, bikin jalur sepeda cuma buang2 duit aja. Kata dosenku sih mending fasilitas dan pelayanan bikunnnya yg ditingkatin seperti nambah armada bikunnya dan menertibkan jam operasional bikun jadi 10 menit sekali coz selama ini memang bikun sangat ‘diminati’ oleh warga UI, sehingga tak heran klo jam-jam sibuk ,seperti jam 08.00-09.00 dan jam 16.00-18.00, penumpang bikun rela berdesak-desakkan. Dan akhirnya bikun jadi tempat yang ‘empuk’ bagi pencuri dompet dan  lebih sering HP.

Yah begitulah, pasti ada pro-kontra dari setiap ‘action’ yang orang lakukan…

Tergantung cara pandang kita masing-masing aja sih, tapi aku setuju dengan pendapat dosenku itu, meskipun aku sih seneng2 aja menikmati fasilitas kampus tersebut, hehehe….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s