Susahnya Memberi Maaf…


Kenapa yah, yang namanya memberi maaf itu susahnya minta ampuunnn???

Gampang aja c kalo cuma bilang dimulut aja, tapi di hati???

kalo masih suka kesel,

Masih suka sebel,

Masih suke merengkel,

Masih suka ngungkit,

Apa itu berarti belum bisa memaafkan dengan tulus???

Hufff… kalo memberi maaf itu sangat susah dilakukan, siapa yg salah???

Si pemberi maaf yg sulit untuk berlapang dada,

Si peminta maaf yang ga sungguh-sungguh minta maaf,

Atau emang kesalahannya yang sulit termaafkan???

Ada ga sih tips n triks agar bisa memafkan dengan tulus???

Ada ga sih ciri-ciri seseorang udah memaafkan dengan tulus???

Kenapa orang bisa dengan mudahnya berbuat salah tanpa memikirkan bagaimana sulitnya orang lain memaafkan atas kesalahan yang udah diperbuatnya itu???

Apa karena begitu mudahnya meminta maaf???

Kenapa sih orang ga pernah mikirin perasaan orang lain ketika melakukan sesuatu???

Atau setidaknya mencoba berada di posisi orang lain, bukan di satu sisi sebagai dirinya aja, egois namanya kalo gitu!!!

Kalo pernah merasakan sakitnya ‘dicubit’, kenapa malah ‘mencubit’ ke orang lain juga???

Bukankah seharusnya kita jadi lebih peka ya??? Dan jadi lebih ‘matang’ berpikir untuk melakukan sesuatu ke orang lain???

Kalo kita tau gimana sakitnya ‘dicubit’ terus kita malah ‘mencubit’ orang lain juga, apa namanya kalo bukan dendam atau bodoh???

Hmmm… kalo kita jadi lebih peka dan bisa berpikir matang untuk bertindak kan kita jadi lebih dihargai orang lain, ‘dicintai’ banyak orang, atau setidaknya meminimalisir berbuat salah kepada orang lain, sehingga ga banyak orang yang sakit hati ma kita gara2 susah banget memaafkan kita…

Mending kalo sakit hatinya cuma dipendam sendiri, nah kalo ga, dia jadi benci setengah mati gimana???

Bisa ‘dikutuk’ seumur hidup tuh…

Apalagi kalo ampe orang-orang tau kesalahan fatal yg udah kita lakukan???

bisa jadi common enemy tuh…

Kita sendiri kan yg rugi???

Jangan salahin orang lain klo gitu, tapi berkacalah pada diri sendiri…!!!

Makanya kalo bertindak tuh pikir2 lagi deh, ampe 10000000 kali mikir kalo bisa…

Pikirin perasaan orang lain,

Pikirin reputasi,

Pikirin tanggepan orang,

Pikirin keluarga,

Pikirin ke depannya,

Pikirin konsekuensinya,

Pikirin dampaknya,

dll…..

jadi inget dulu itu, ada reality show yg judulnya “susahnya minta maaf”, kalo menurutku itu salah…

Harusnya yang bener itu “susahnya memberi maaf”, karena minta maaf begitu sangat mudahnya, tapi kalo memberi maaf??? jangan tanya deh…

Hufff… mungkin memang butuh waktu kali ya untuk memberi maaf dengan tulus….


15 thoughts on “Susahnya Memberi Maaf…

  1. @ diah:
    Makasi atas aplause-nya, hehehe..
    sapa juga yg ngasih aplause yak???

    @ ratih:
    Ga tau niy tih, suka tiba2 kepikiran kesana…
    Suka ngerasa bersalah sendiri juga kalo belum bisa memaafkan org lain dgn tulus
    hehehe…
    gimana dunx???
    ada saran, kritik dan masukan???

  2. Bukan sulit, akan tetapi ini menunjukkan keikhlasan hati menerima bahwa kita pada dasarnya tidak memiliki apa pun di dunia ini, sehingga secara teori tiada kata kehilangan,.😀

  3. @ David Santos
    Makasih atas ucapannya, hehehe…
    Aku juga suka dengan pekerjaanku yg suka ‘menulis’ ini koq, hehehe…

    @ nanto:
    Lha, emang siapa yg lagi ngomongin kehialangan c, nto???
    Wong riri lagi ngomongin tentang susahnya memberi maaf, bukan sulitnya menerima kehilangan…
    Gimana toh, mas???

  4. Tapikan tidak melupakan bukan berarti dendam kali, res…
    Segimanapun kita memaafkan dengan tulus pasti masih inget deh kesalahan orang lain ke kita…
    So, kalo kita masih inget ga berarti juga kita belum memaafkan dgn tulus deh kyaqnya,,,
    itu menurut ri c…
    hehehe… ^^
    Thanx 4 ur comment

  5. hu..hu..hu…jadi inget ada lagu yang liriknya gini…forgiving not forgotten….the Corrs deh kayaknya…
    yang pasti kalo memang dah memutuskan untuk memaafkan kesalahan orang lain ya udah di kubur aja gak usah di inget-inget lagi..walaupu emang masih tetap aja inget…

    setuju lah sama riri….

  6. Ga bermaksud untuk terus inget-inget juga sih fa…
    Cuma terkadang kan emang kita suka tiba2 teringat aja…

    Okay, Thanx 4 ur support ^^

  7. e5g bener bgt memberi 5f i2 ssh bgt,,,,pa lagi udah d 5fin eh masih mengulangi hal sama brulang kali….
    yang ada kita jd pengen bgt tonjok itu org

    • @rafik:
      wew???
      sabar buk…
      memberi maaf itu lebih mulia koq,,,

      cuman orang bodoh dan gtw diri yang mengulangi kesalahan yang sama,,, ^^

  8. memberi maaf…dan berbesar hati memang susah…tapi kita harus menghargai keberanian orang yang minta maaf…karena dia telah mengakui kesalahannya… dan dengan segala keberaniannya datang kepada kita dan memohon maaf…….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s