Perjalanan Nekat 2 Orang Wanita Tangguh


Hufff,,,,

Dengan segenap tenaga, mengumpulkan smangat dan mood untuk posting lagi,,,

Mungkin udah cukup basi menceritakan hal ini,,,

Tapi rasanya ga enak kalo blum menuliskan dan meceritakan pengalamanku yang satu ini,,,

Kali ini, cerita tentang perjalanan dua orang wanita tangguh,,, aku dan k’ nunu, huehehe,,,

Sebenernya perjalanan ini sudah sejak lama direncanakan, dari sebelum UTS semester 7. Rencana backpacker-an ke jogja.

Rencananya siy ke jogja pertengahan januari 2009 yg masih dalam masa liburan semester ganjil.

Ternyata eh ternyata,,,

Dengan menimbang banyak hal akhirnya kita memutuskan berangkat ke jogja pas tahun barua-an,,,

Seminggu sebelum keberangkatan, ada-ada aja masalahnya:

1. Tidak terpikirkan untuk memesan tiket kereta jauh2 hari (karena asumsi masih lama rencananya, eh mendadak jadi dimajuin), akhirnya keabisa tiket kereta

2. Ada kesalahpahaman riri dengan nanto masalah tiket kereta bandung-jogja

3. K’ fajar, k’ical, n k’uya tiba2 membatalkan rencana mereka untuk berlibur bareng kita

4. K’ nunu tiba2 disuruh ikut ke lampung karena neneknya atau kakeknya gitu mau berangkat haji

5. Keabisan kamar penginapan yg murah dan strategis

6. Belum izin ma kedua orangtua kita

Hufff,,, karena masalah itu sebenernya udah hopeless banget bakalan bisa pergi,,, udah terancam gagal rencana tahun baruan di jogja,,,

Tapi, akhirnya dengan modal kenekatan kita yg sama skali buta jogja saking udah stressnya pengen liburan, akhirnya mengumpulkan keberanian untuk tetap berangkat, hahahaha,,,

Kita pun memutuskan naek bus malam cepat PO. Rahardjo seharga Rp 110.000, berangkat dari simpangan hari rabu, tanggal 31 Desember jam 15.30 (awalnya siy bilamg jam 15.00 wib. Dan 1 keanehan mulai terjadi, ada penumpang yg nomer kursinya sama kayaq kita, nah lho??? Bingung kan??? Sapa yg salah coba klo gitu??? Untungnya busnya lagi sepi, jadi kita ngasal aja duduknya,,, cari bangku yg kosong. Perjalanan awal di Jakarta kyq kura2, lama banget n sering berenti. Karena ga merhatiin jalan juga dan lebih sering tidur selama perjalanan, jadi ga tau juga tuh bus lewat jalan mana aja (padahal mah kagak tau jalan juga, hahahaha,,,,)

Sempet transit tengah malam sekitar jam 21.00, buat sholat, istirahat, makan, dll. Tapi ga tau juga tuh daerah mana, huehehehe,,,

Oh, iya, sempet ga pewe juga ma niy bis, kenapa??? Pertama, pas lagi di jalan nyetel lagu2 keroncongan,,, sumpah ya,,, annoying bgt,,,!!! Selain ga suka juga karena ga ngerti gitu pake bahasa jawa lagunya. Ganggu orang tidur aja siy,,,the, setelah penderitaan berakhir ngedengerin itu lagu keroncongan jawa, ada lagi masalah berikutnya,,, Nyetel film horror,,, sumpah ya,,, rese banget yang nyetel,,, ga berniat nonton siy,,, tapi kedengeran gitu suara “serem”nya,,, huff,,, akhirnya kita dengerin aja mp3 walo kadang2 masih samar2 juga kedengeran suaranya,,, Then, setelah itu film abis,,, 15 menit sebelum kita nyampe tujuan, nyetel lagu kosidahan,,, ampunnnnnnnnn deh,,,!!!

*pelajaran pertama: kalo mw pergi jauh2 jangan lupa bawa mp3 atau dvd film2 seru,,,!!!

Dan akhirnya baru menginjakkan kaki di jogja hari kamis, tanggal 1 januari 2009 jam 05.00 WIB teng,,,!!! Oya, setengah jam sebelum kita turun, kita sempet2 ngobrol ma sopir n keneknya karena kita pindah tempat duduk persis di belakang supir, khawatir kelewatan turunnya,,, Dan disitu seru banget ngobrolnya,,, ngomongin perbedaan antara cow jogja n solo,,, ngomongin masa muda pak sopir juga, hihihi,,, dan dikasih wejangan juga lho ma mereka, tapi kadang2 suka ga ngerti mereka ngomong apa karena ngomongnya pake bahasa jawa, huehehehe,,,

Sambil nunggu jemputan datang akhirnya kita nge-teh n nyusu dulu di pinggir jalan. 30 menit kemudian k’ TJ bersama temannya datang menjemput kita, bawa 2 motor. (riri dgn k’ nunu n k’TJ dgn temennya), huh, tega,,, padahal capek bgt baru nyampe jogja udah langsung suruh nyetir motor lagi,,,

Then, sholat subuh di pinggir jalan (ga tau nama daerahnya), mampir ke kosan k’ TJ, istirahat sambil nungguin k’Tj mandi (penting banget yak???) n minjem camdig (hahahaha,,,ga modal,,!!!) trus sarapan opor lontong pinggir jalan beralaskan tikar yg rasanya enak tenannnn,,,,

Setelah makan, kita ngelilingin kampus UGM, liat2 kayaq gimana siy UGM. Niy hasil jepretannya:

depan FE-UGM

depan masjid UGM

Setelah puas muter2 n berfoto2-ria di kampus UGM, Lanjut untuk mesen tiket kereta buat pulang. N’ u know what??? Tiket kereta bisnis untuk tanggal 3 udah abissssss,,,,huhuhu,,, sebal,,,!!! Padahal pengen banget ngerasai jalan2 ke luar kota naek kereta, akhirnya terpaksa nge-bis lagi dengan tiket seharga Rp 135.000. Then, menuju ke penginapan seharga Rp 75.000/hari selama 4 hari, buat mandi n naro barang2 kita.

Setelah diskusi panjang-lebar, kita membuat Plan wisata,

Untuk hari pertama (Kamis, 1 Januari 2009): wisata dalam kota

Kunjungan pertama ke museum Diponegoro. Sumpaahhhhhhhh, sepi abiez niy museum, udah bukan kayaq t4 wisata, secara pengunjungnya juga cuman kita ber3. Niy dokumentasinya,,,

nunu-n-riri_40

nunu-n-riri_44

Kunjungan selanjutnya ke Monumen Jogja kembali A.K.A Monjali, ada 2 lantai:

nunu-n-riri_45

Selanjutnya, istirahat sholat dzuhur n makan siang, makan nasi bakar yg rasa n harganya maknyussssss,,,!!!

Kunjungan berikutnya adalah keraton jogja:

nunu-n-riri_75

Then, ke museum Pangsar Soedirman:

nunu-n-riri_94

Sempet ke,,,, tapi karena penuh banget anak2 (emang wahana buat anak2 juga) n HTMnya juga lumayan mahal, akhirnya kita numpang lewat aja deh,,,

Setelah itu makan degan pinggir jalan, lalu balik ke penginapan sekitar jam 17.30 WIB. Istirahat bentar, sholat maghrib. Jam 19.00 dijemput tour guide kita untuk jalan2 ke alun-alun jogja lalu berlanjut shopping ke mallioboro,,, untung ada k’TJ yg pandai berbahasa jawa, jadilah dia “tumbal” kita menghadapi para pedagan2 itu, hwakakakakak,,, walo pada akhirnya dia capek ‘ndiri nemenin kita belanja yg super-duper lama, huehehe,,,maafkan kami bang Je,,,

Selanjutanya makan malem, oseng2 mercon,,,!!! Widihhhh,,, ueeenaaaakkk tenan,,, pedesnya nampol banget,,,!!! Dan lagi2 makan di pinggir jalan beralaskan tikar,,, ^^

Huff, nyampe penginapan jam 22.00, istirahat tidur, menyiapkan diri untuk perjalan besok,,,

Hari kedua ( Jumat, 2 Jan 2009): Wisata Candi dan Pantai

Jam 09.00 wib langsung berangkat ke Candi Prambanan. Berikut dokumentasinya:

nunu-n-riri_137

Sekitar jam 11.15 selese sudah wisata candi, kita makan pecel sayur pinngir jalan lagi2 beralas tiker,ummm,,, lumayan,,,!!! Sambil nunggu k’TJ jumatan kita liat2 suvernir di sekitar candi

Awan mulai mendung saat kita beranjak dari Candi. Lalu isitirahat makan siang, makan tongseng n tengkleng,,,, ummm,,, enak juga niy. Pas lagi makan ujan deres pun turun,,,

Setelah ujan reda, kitapun berangkat menuju Pantai Samas, dengan masih ditemani gerimis, dan beberapa kali perjalanan terhenti karena ujan yg tiba2 turun deras. Dan akhirnya setelah melewati desa2, sawah, dan pelosok sepanjang lebih dari 10 Km yang ditempuh dengan naik motor, akhirnya sampai juga di pantai berpasir hitam tersebut:

nunu-n-riri_186

Berasa private beach karena pengunjungnya sepi… Yaudah deh kita sepuasnya maen lempar2an pasir tanpa peduli kita ga bawa baju cadangan padahal masih ada lagi perjalanan selanjutnya (bodohnya,,,!!!)

Perjalanan selanjutnya ke pantai depok untuk menikmati makan malam seafood. Di sana kita langsung pilih, beli n nawar sendiri makanan mentahnya yg dipanen langsung dari laut disana, untuk kemudian diolah secara terpisah. Dan kita memilih tempat lesehan pas bgt di pinggir pantainya. Berhubung baju kita basah, ditambah hujan yg tak kunjung berhenti, plus angin pantai yang kenceng, sumpah,,,,kedinginan abiezzzzzzz,,,, mana’ ngolah makanannya lama banget lagi, ada kali 1 jam-an lebih,,, hux, tega,,,padahal udah cape, kedinginan, n kelaperan banget,,,!!!

Setelah itu, sekitar jam 21.00 kita baru balik dari sana,,,

Huff,,,, harus menempuh 10km lagi buat balik dengan ditemani gerimis yg cukup deras plus udara malam yg dingin, hux,,,,

Nyampe penginapan langsung tepar abiezzzz…

Hari ketiga (sabtu, 3 Januari 2009): wisata pegunungan

Rencananya siy tadinya mau ke kaliurang, tapi karena K’Tj bilag di sana ga ada apa2nya jadinya kita nurut2 aja di ajak ke kalikuning,,,

Pas di perjalanan, ban motor sempet bocor

nunu-n-riri_233

Nanh, ini niy view kalikuning, keren deh,,,

nunu-n-riri_247

Selanjutnya ke kawasan jalur luapan lahar gunung merapi

nunu-n-riri_296

Sebelum turun gunung kita makan entahlah, lupa nama makannannya, pokokknya sejenis ketan dicampur tempe bacem gitu, aneh kan??? Huehehehe,,,……

Then, makan sore merangkap makan siang, dengan makan bakso di pinggir jalan,,, Yah, lumayanlah,,,,

Selanjutnya istirahat di penginapan sampai jam 19.00, trus jalan lagi shopping ke mallioboro, huehehehe,,, belanja ampe jam 21.00. lalu, makan malam di Bakmi susu,,, sumpe deh,,, Bakminya uenak tenannnn,,,

Di tengah jalan transit lagi beli duren plus makan durennya langsung disana beralskan tiker (lagi???!!). untuk kali ini aku ga ikut menikmati duren-yang katanya siy enak itu-, secara ga doyan durennnn,,, jadi aku cuma melihat mereka makan itu duren sambil menikmati suasana malam di Jogja,,,

Setelah itu kembali ke penginapan

Hari ke-4, hari terakhir (4 Januari 2009)

Jam 08.00 k’TJ udah jemput kita ke penginapan. Dan kita juga bersiap2 packing2. Kemudian ke kosan k’Tj buat naro barang2 kita tersebut. Lalu berlanjut ke pasar SunMor di wilayah kampus UGM, sejenis pasar kaget di hari minggu pagi. Lagi2 kita shopping disana, beli2 suvernir gitu. Trus sarapan pagi dengan soto nasi dgn ciri khas jogja, beralas tiker, sambil sesekali ditemani pengamen jalanan yg suaranya juga okehhh,,,

Berlanjut perjalanan ke tempat pemandian ratu, dan cuma bisa sebentar banget disana, kira2 setengah jam-an karena dikejar jadwal kepulangan jam 16.00

nunu-n-riri_360

Selanjutnya, lagi2 shopping ke toko dagadoe aseli…

nunu-n-riri_370

Then, belanja (lagi???) makanan khas jogja kyaq bakpia dan yangko,,,

Lanjut lagi, makan sop buah di wilayah kampus UGM

Setelah itu ke kosan k’Tj ngambil barang2 n transfer foto. Langsung ke terminal. Dan ternyata bus kita belum dateng, karena kita belum makan siang, sambil nunggu bus dateng, kita makan masakan padang di terminal situ,,, o-ow,,, untuk kali ini makanannya kurang worthed dengan harga segitu,,, selesai makan, bernarsis-ria, menggila, menunggu bus yg tak kunjung datang. Sekitar jam 17.00, akhirnya dateng juga tuh bus,,,

Babai jogja,,,,

I’m gonna miss u,,,

Lagi2 ada kekeliruan kursi,,, ada yg nomer kursinya sama lagi kyq qta,,, huff, ga bagus banget siy pengaturannya, heran deh,,,!!!

Sempet berenti sekali sekitar jam 23.00 buat istirarat, sholat, makan, tapi entah di daeerah mana tuh kita transit,,,

Sampe Depok tanggal 5 januai 2009 jam 07.00 wib…

Huff,,, perjalanan yg cukup menyenangkan, seru, dan pastinya nekat,,, hahaha,,,,

Jadi, rindu jogja,,,,,,,,,,,,,huhuhuhu,,,,

14 thoughts on “Perjalanan Nekat 2 Orang Wanita Tangguh

  1. hahahaha,,aku jadi kangen jogja juga Ri..!!!
    bener2 perjalanan yang menyenangkan..!!

    tar abis lo sidang,,kita jalan2 lagi yok liburan..
    tapi kali ini jangan mendadak,,harus kita persiapkan dengan matang..
    ahihiy…

  2. @k’nunu:
    Iya niy, jogja bikin kangen,,,
    Meskipun kita dihina-hina muluw ma orang jogja sana,,,
    Hahahah,,,

    Yups, Insya ALLAh abis aq sidang, kita menggila lagi ya bu,,,
    Oke2, atur aja-lah,,,
    Hahahha,,,

    Thanx 4 ur comment, hon,,, ^^

  3. wah ri, ntar kalo ke jogja, minta anterin ke pantai ndrini, dan sekitarnya…emang sih jauh banget (minimal 2 jam dari kota),,tapi TOP abis.. pasir putih, airnya bersih, sepi (meskipun ada anjingnya), yang di pantai baron (kalo ga salah) bisa makan semacam kepiting bakar, lautnya lebih tenang daripada di depok, yang di ndirini ada semacam tebing…

    Pokoknya, insyaAllah ga nyesel menempuh 2 jam perjalanan.

  4. @Ratih:
    Hehehehe,,,
    iya, tih emang nekat abiezzz…!!!
    Tapi emg iseng aja, nambah pngalaman,,,
    Hwakakak

    @K’dian;
    Iya dunx aseeeek bgt pastinya,,,
    hehehe,,,
    maap-maap,,,
    Ini jg critanya udah dibikin sesingkat mungkin,,,
    Ikutan ape k’dian???

    @anggar:
    Wew, makasiy ya atas rekomendasinya,,,
    Kalo kamu yg nganterin aq aja kpn2 ksana lagi, gimana???
    huehehe,,,

    @hanri:
    Sayang sekali, nak,,,
    kau bukan yg pertama kalinya,,,
    tapi, tenang aj, han,,
    dikau yg terakhir koq,,,
    Lho??/
    hihihi,,,

    sentalu???dimana tuh??
    apanya siy yg nyelip???

  5. ullen sentalu itu museum kebudayaan jawa gitu di kaliurang..

    kalo mau liat yang nyelip2, liat di album FB gw yang bagian jogja 2008. sempet ada perdebatan sengit tentang sempilan disitu, haha..

  6. @hanri:
    udah liat han, albumnya,,,
    Tapi masih ga ngerti maksud yg nyelip2 atau sempilan2 disitu,,,
    hahaha,,,

  7. umm.. sebenernya gw juga gak bisa liat siy, cuman anak2 laen banyak yang bisa liat katanya.

    katanya ada tante2 pake kalung dan senyum ikutan foto bareng sama kita, haha.. *itu serius

  8. Wew???
    serius lo???
    masa siy???

    Koq bisa ada yg liat ada yg enggak??/
    Iyh,,,
    ga mau liat ah,,,
    Hahahha,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s