Tentang Hidup


Insya Allah bulan ini usia saya genap 23 tahun sudah…

Meskipun belum bisa dibilang cukup banyak “makan  asam garam”, tapi rasanya sejauh ini saya sudah cukup mampu memahami hakikat kehidupan. 23 tahun adalah waktu yang cukup panjang untuk terus belajar tentang hidup.

Terkadang saya kepikiran tentang masa lalu saya, dan membuat saya ingin kembali ke masa kecil dulu, ketika saya masih begitu polos sebagai seorang anak kecil dan ketika saya tak pernah mengenal yg namanya “masalah”. Tapi sepertinya saya terlalu bodoh berpikiran seperti itu. Toh hidup pasti kan terus berjalan, dan saya pun akan tumbuh dewasa dan ketika itu saya mau ga mau harus menghadapi yang namanya “masalah”. dan lagi2 saya berkhayal memiliki lorong waktu untuk kembali ke masa lalu, memperbaiki segala keputusan2 saya yg salah di masa lalu. Ah tapi lagi2 itu tidak mungkin. Toh sgala keputusan yang saya ambil sudah menjadi konsekuensi yg harus saya tanggung sendiri.

Oke, pada akhirnya saya menyadari bahwa segala proses kehidupan yg saya alami manis ataupun pahit membuat saya belajar dan menjadikan saya manusia yg sesungguhnya. Dan sudah sepatutnya saya bersyukur atas lika-liku hidup yg saya alami.

Dan dari kehidupan saya menyadari bahwa hidup tidaklah statis tetapi dinamis. Banyak perubahan yg terjadi dalam hidup, baik tentang seseorang ataupun tentang lingkungan.

Perubahan menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam proses kehidupan. Dan saya sangat menyadari perubahan dalam kehidupan saya, perubahan orang2 yang saya kenal dan perubahan di lingkungan sekitar saya. terkadang saya takjub, senang, kecewa, marah, sedih, kesal dengan semua perubahan itu.

Sayangnya saya orang yang apatis terhadap perubahan-perubahan itu. Saya akan menjadi senang apabila perubahan itu memang ke arah yg lebih baik. Tapi, jika itu adalah perubahan yang buruk, saya akan menjadi sangat sedih, sakit, kecewa dan ingin menangis. Dan yang saya rasakan justru lebih banyak perubahan menjadi lebih buruk.

Ada orang-orang yang saya kenal tentunya, yang tadinya baik, agamis, sholeh/sholehah, berbusana muslim yg baik kini berubah menjadi seorang “biasa” dengan pakaian muslim yg modis, bahkan ada yang melepas identitas keislamannya *Naudzubillah Min dzalik* dan ada juga yang dengan bangganya memamerkan foto2nya dengan sang pacar atau jalan berdua tanpa rasa malu. Sungguh, sejujurnya saya sangat miris dan hati saya bagai teriris-iris melihatnya.

Maaf, saya memang bukan siapa-siapa, toh saya juga bukan wanita yg suci. Dan saya harus akui bahwa saya pun pernah menajadi bagian dari orang2 dengan perubahan itu, Astaghfirullahal’adzim…..

Dan alhamdulillah Allah masih sangat baik dan sayang pada saya untuk mengingatkan dan menyadarkan saya akan hal itu.

Oke, saya mengerti bahwa stiap orang punya pilihan hidupnya sendiri dan bebas menentukan jalan hidupnya. Tapi, sungguh sangat disayangkan kalo keputusan itu justru merugikan diri mereka sendiri. Apapun itu alasan mereka untuk berubah ke arak yg buruk tidak dapat dibenarkan sedikitpun.

Saya bukanlah seseorang yang memiliki cukup ilmu agama, tetapi saya yakin tanpa harus saya ingatkan pun, mereka itu pasti jauh di dalam lubuk hati mereka menyadari bahwa pilihan hidup mereka salah.

dan saya, sebagai orang yg tidak enakan pada orang, sungguh tak mampu mengingatkan secara langsung kepada mereka. Lalu, saya hanya bisa mendoakan mereka dalam setiap doa saya semoga mereka selaludiberikan taufik, hidayah, serta inayah-Nya agar kembali pada jalan yang lurus…

Untukmu, saudara-saudariku………. ^^

One thought on “Tentang Hidup

  1. Assalamualaikum kak riri, kaget juga dah lama ga blogwalking ternyata template udah nggak pink lagi…anak punk nih lhoooo…

    iya kak, miris, terkadang malah harus menahan dan ekstra sabar kalau ada “kick” balik dari mereka yang “melepaskan identitas” baca : Jilbab dengan alasan pembenaran mereka, atau saya lebih sering menyebutnya, pelaksanaan larangan (toh di Alquran sudah tertera segalanya)

    Bismillah semoga kita semua selalu dalam monitornya..Amin
    terima kasih kak tulisannya ^^

Leave a Reply

